Apa itu Indeks Glikemik ?

Pengertian Indeks Glikemik yaitu ukuran seberapa besar akibat/efek suatu makanan yang mengandung karbohidrat dalam meningkatkan kadar gula dalam darah setelah dikonsumsi. Dibandingkan glukosa ataupun roti putih. Makanan dengan indeks glikemik tinggi merupakan makanan yang dapat dengan cepat dicerna dan diserap sehingga kadar gula dalam darah akan meningkat dengan cepat dan secara signifikan. Makanan dengan indeks glikemik yang minim akan telah terbukti dapat memperbaiki kadar glukosa dan lemak pada penderita penyakit Diabetes Melitus serta dapat memperbaiki resistensi insulin pula. Selain dari pada itu makana dengan indeks Glikemik yang rendah dapat membantu mengontrol nafsu makan sehingga bisa mengontrol berat badan pasien.


Dalam memilih makanan untuk dikonsumsi, penderita diabetes haruslah memperhatikan jenis karbohidrat yang terkandung didalam makanan tersebut. Karena terdapat jenis karbohidrat yang dapat dengan cepat diserap oleh tubuh ( Sehingga kadar gula darah melonjak sehingga akan cepat merasakan lapar lagi ) namun ada pula karbo hidrat yang lambat diserap tubuh ( Sehingga kadar glukosa darah lebih stabil dan tentunya tidak mudah merasa lapar ).

Indeks Glikemik menunjukan jenis karbohidrat yang terkandung didalam makanan, dan bukan jumlah karbohidratnya. Sedang peningkatan kadar gula dalam darah sangat dipengaruhi oleh 2 Faktor yaitu : Jumlah dan Jenis Makanan yang dikonsumsi. Untuk sebagian besar orang kadar glukosa dalam darah lebih dipengaruhi oleh jumlah karbohidrat yang dikonsumsi. Akan tetapi Jenis Karbohidrat juga akan sangat berpengaruh terhadap gula dalam darah. Sehingga strategi yang optimal yaitu mengontrol ke 2 aspek tersebut yaitu Jumlah dan Jenis Karbohidrat yang akan dimakan.

Perlu diketahui pula bahwa efek dari Indeks Glikemik suatu makanan akan berubah apabila dikonsumsi bersamaan dengan makanan lain. Sehingga apabila seseorang mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi sebaliknya dikombinasikan dengan makanan yang indeks glikemiknya rendah ini akan memberikan efek menyeimbangkan terhadap kadar gula darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar