Hipoglikemia bisa terjadi ketika Olah Raga

Hipoglikemia Ketika Olah Raga || Seperti yang kita ketahui pada dasarnya olah raga merupakan kegiatan yang baik dan menyehatkan tanpa terkecuali bagi para pengidap penyakit Diabetes Melitus. Dengan berolah raga dapat mengontrol kadar gula darah dan menegah Komplikasi Diabetes Melitus jangka panjang salah satunya seperti Kerusakan Syaraf dan Penyakit Jantung. Akan tetapi andapun harus tetap berjaga-jaga dengan resiko terjadinya penurunan gula darah terlalu rendah atau yang sering disebut dengan hipoglikemi. Sangatlah penting bagi anda dan yang mendampingi anda yang berolah raga agar mengetahui gejala dan penanganan seperti apa jika terjadi Hipoglikemia.



Ketika berolah raga tubuh membutuhkan energi yang cukup banyak, yang mana energi tersebut berasal dari metabolisme tubuh yang mengolah glukosa dalam darah. Yang lama kelamaan glukosa akan mengalami penurunan karena telah berubah menjadi energi. Inilah alasan kenapa penderita gula darah atau Diabetes Melitus karena dapat membantu menjaga kadar gula dalam darah. Akan tetapi apabila Glukosa terpakai terlalu banyak, maka kadar gula darah akan turun dan menjadi rendah yang pada akhirnya terjadilah yang disebut dengan hipoglikemia.

Berikut merupakan Gejala dari Hipoglikemia :
  1. Lelah dan kelemahan.
  2. Bingung.
  3. Lapar.
  4. Gemetar.
  5. Berkeringat dingin.
  6. Nyeri kepala.
  7. Pingsan atau kejang ( untuk kasus berat )




Untuk respon tubuh dalam menanggapi kegiata yang anda lakukan tentulah akan berbeda-beda, sehingga anda haruslah mempersiapkan diri untuk keadaan darurat apabila terjadi Hipoglikemia ketika berolah raga ataupun setelah selesai berolah raga.

Berikut ini merupakan tips mencegah hipoglikemia ketika berolah raga :
  1. Cobalah konsultasikan dengan dokter anda jenis apakah olah raga yang paling cocok untuk anda jalani dengan dosis obat atau insulin serta pola diet anda.
  2. Coba periksa kadar gula darah sebelum berolah raga.
  3.  Konsumsilah makanan kecil sebelum melakukan olah raga, apabila kadar gula dalam darah berada pada batas normal.
  4. Kenalilah gejala Hipoglikemia, dan segeralah hentikan olahraga jika anda merasakannya. Segera periksa kembali kadar gula darah anda, kemudian lakukan penanganan sesuai hasilnya.
  5. Bawalah selalu makanan kecil seperti peremen yang dapat langsung anda konsumsi saat terjadi hipoglikemia terjadi ( untuk mengubah kadar gula darah ).
  6. Apabila telah berolah raga lebih dari 1jam, periksakan gula darah secara berinterval. Anda mungkin perlu memakan makanan kecil ketika berolah raga.
  7. Pastikan anda selalu memeriksa kadar gula darah setelah berolah raga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar