Cara Agar terhindar dari penyakit Diabetes Melitus

Terhindar dari Diabetes ,- Seperti yang telah kita ketahui bahwa pnyakit yang satu ini sangat ditakuti dan memang harus kita hindari tentunya, mengingat tentu akan sangat menderita ketika kita terkena penyakit Diabetes bukan ?, Pencegahan penyakit Diabetes Melitus yang khususnya Diabetes type 2 yang utamanya ditujukan pada orang yang beresiko mengidap Diabetes type 2 ini. Tujuannya semata-mata untuk memperlambat Diabetes type 2, menjaga fungsi sel insulin pada pankreas, seta mencegah dan memperlambat munculnya gangguan pada jantung serta pembuluh darah. Faktor resko Diabetes type 2 dibedakan menjadi faktor yang dapat dimodifikasi & faktor yang tidak dapat dimodifikasi. Usaha pencegahan ini dilakukan dengan mengurangi resiko yang dapat dimodifikasi.


Faktor resiko pada Diabetes Melitus yang tidak dapat dimodifikasi

Salah satu contohnya yaitu ras & etnik, riwayat anggota keluarga yang menderita Diabetes Melitus, usia lebih dari 45 tahun, riwayat melahirkan bayi dengan berat badan lebih dari 4.000 gram atau riwayat pernah menderita Diabetes Melitus Gestasional ( DMG ), serta riwayat lahir dengan berat badan rendah kurang dari 2,5 Kg.


Fakor resiko Diabetes Melitus yang dapat dimodifikasi

Salah satu contohnya berat badan berlebih, kurang aktivitas fisik, Hipertensi ( > 140 / 90 mmHg ), gangguan profil lipid dalam darah ( HDL < 35mg/dL), dan atau Trigliserida > 250 mg/dL, diet tidak sehat tinggi gula dan rendah serat. Pencegahan Diabetes Melitus ini juga haruslah dilakukan oleh pasien-pasien prediabetes yaitu mereka-mereka yang mengalami intoleransi glukosa ( GDPP dan TGT ) dan beresiko terkena Diabetes type 2.

Pencegahan Diabetes type 2 pada orang-orang yang beresiko pada perinsipnya yaitu dengan mengubah pola hidup menjad lebih baik dan menyehatkan seperti olahraga, penyesuaian berat badan, dan pengaturan pola makan. Berdasarkan analisis terhadap sekelompok orang dengan perubahan gaya hidup intensif, pencegahan diabetes itu paling berhubungan dengan penurunan berat badan. Berdasarkan riset penurunan berat badan 5 - 10 % dapat mencegah dan memperlambat munculnya Diabetes type 2. Dan tentunya harus diimbangi dengan pola makan yang sehat yaitu terdiri dari karbohidrat kompleks, mengandung sedikit lemak jenuh dan tinggi serat larut, kemudian asupan kalori ditujukan untuk mencapai berat badan ideal.

Kemudian aktivitas fisik haruslah ditingkatkan seperti berolah raga rutin paling sedikitnya 150menit perminggu, dibagi 3 - 4 kali seminggu, karena dengan berolahraga resistensi insulin dapat diperbaiki untuk pasien prediabetes, meningkatkan kadar HDL ( kolesterol baik ), serta membantu mencapai berat badan ideal. Diasamping olahraga sangat disarankan untuk aktif dalam menjalani aktivitas sehari - hari. Dan bagi anda peroko aktif, baiknya segera sudahi merokok anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar