Tips Merawat Kaki bagi Pengidap Diabetes

Penyakit Diabetes ,- Mungkin bagi sebagian orang akan bertanya emang apa hubungannya Diabetes Melitus dengan Merawat Kaki ?, Padahal jangna salah sobat.. salah satu komplikasi yang kebanyakan dialami oleh penderita Diabetes Melitus yaitu masalah Kaki salah satu contoh Luka pada kaki yang tidak kunjung sembuh, infeksi bakteri ataupun jamur dan yang paling paray yaitu Pembusukan jaringan yang biasanya harus dilakukan amputasi/pemotongan. Hal ini diakibatkan oleh 2faktor yaitu diantaranya adalah :



Aliran Darah yang Buruk
Hal ini biasanya diakibatkan karena terjadi kerusakan pada bagian pembuluh darah yang dipicu oleh kadar gula dalam darah yang tinggi dalam jangka waktu yang cukup lama. Aliran darah yang terganggi ini menimbulkan organ kaki tidak mendapat nutrisi yang cukup, yang pada akhirnya kulit kaki menjadi lemah, mudah luka dan sukar sembuh jika terjadi luka.

Kerusakan Syaraf
Hal ini juga diakibatkan karena kadar gula dalam darah yang tinggi dalam jangka waktu yang cukup lama. Kerusakan syaraf ini mengakibatkan kepekaan seorang penderita Diabetes Melitus terhadap rasa sakit menjadi berkurang, hal ini mengakibatkan sang penderita tidak akan sadar/merasakan kakinya telah terluka.


Agar hal ini tidak terjadi pada pengidap Diabetes Melitus, langkah awal yang perlu dilakukan yaitu Mengendalikan kadar gula darah seoptimal mungkin dan tentunya bagi anda yang merupakan seorang perokok aktif cobalah untuk berhenti. dan selalu rawat kaki anda.

Salah satu perawatan harian yang dapat anda lakukan yaitu mencuci kaki dengan sabut dan air hangat. Setelah itu Kaki harus benar-benar dikeringkan hingga ke selalela jari kakinya hal ini agar tidak terjadi perkembangan jamur/bakteri. Coba oleskanpelembab agar kondisi kaki tidak kering, namun ingat jangan pada bagian sela-sela jari kaki, dan jangan merendam kaki karena hal ini dapat membuat kulit mudah rusak dan terinfeksi.

Ketika anda mencuci dan mengoleskan pelembab pada kaki PERHATIKAN KAKI ANDA ! apakah terdapat bercak merah, kapalan, luka, kuku yang tumbuh menusuk jari kaki, kuku kuning dan rapuh, pembengkakan kaki, kulit kaki pecah-pecah ataupun melepuh. Perhatikan pula warna kulit kaki apakah menjadi biru atau hitam. Jika terjadi hal-hal tersebut ini menandakan aliran darah yang buruk sehingga memerlukanpenanganan secepat mungkin. Apabila sulit untuk melihat telapak kaki, gunakanlah cermin atau anda bisa meminta bantuan kepada orang yang berada disekitar.

Perawatan selanjutnya guntinglah selalu kuku anda setiap 1 bulan dengan arah lurus, kemudian kikir ujung kuku yang tajam dengan pengikir kuku dan jangan menggunting kutikula kuku anda.

Pengidap Diabetes Melitus usahakan untuk selalu menggunakan alas kaki yang Nyaman Dipakai baik itu untuk di dalam ataupun diluar rumah. Perlu diperhatikan bahwa alas kaki tidak boleh kebesaran ataupun kekecilan karena hal ini dapat membuat kulit menjadi lecet, Dan ketika anda menggunakan sepatu periksalah bagian sepatu pastikan tidak ada benda yang dapat melukai kaki anda.

Agar aliran darah menuju kaki tetap dalam keadaan normal, cobalah untuk mengangkat kaki anda ketika duduk kemudian gerakan jari-jari kaki serta pergelangan kaki ke atas dan kebawah selama 5 menit sebanyak 2-3 hari sekali. JANGAN MELIPAT KAKI ANDA TERLALU LAMA !

Selain merawat kaki sendiri di rumah, pengidap Diabetes Melitu perlu memeriksakan keadaan kakinya ke Dokter tentunya sekalian dengan memeriksa keadaan gula darah tubuhnya, Dokter akan memeriksa denyut nadi kaki Anda, Sensibilitas, serta berbagai kelainan-kelainan yang mungkit terjadi pada kaki anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar