Hal yang menyebabkan Penyakit Diabetes Melitus

Penyebab Diabetes Melitus ,- Beriku ini kami akan infomasikan mengenai hal yang dapat menyebabkan penyakit Diabetes Melitus yang perlu di ketahui, salah satunya yaitu Diabetes terbagi menjadi 2 golongan yang mana diantaranya yaitu :

Diabetes Type 1
Diyakini Diabetes type 1 ini merupakan penyakit autoimun, yang mana sistem tubuh sendiri secara spesifik merusak dan menyerang sel-sel insulin dalam tubuh yang berada pada organ pankreas. Hingga saat ini belum teridentifikasi hal yang merupakan penyebabnya, akan tetapi bukti dilapangan menunjukan adanya faktor Genetik dan Lingkungan seperti akibat infeksi virus tertentu yang berperan dalam prosesnya. Meskipun Diabetes type 1 ini berhubungan dengan faktor genetik, akan tetapi faktor genetik lebih banyak terjadi pada Diabetes type 2.

Diabetes Type 2
Dugaan para ahli Diabetes Type 2 diakibatkan oleh kombinasi faktor genetik serta lingkungan. Kebanyakan pengidap Diabetes Type 2 merupakan keluarga atau tepatnya keluarganya merupakan pengidap penyakit Diabetes type 2 juga atau masalah kesehatan lain yang berhubungan dengan diabetes, salah satu contoh Kolesterol, Tekanan darah tinggi ( Hypertensi ), dan Obesitas. Merupakan keturunan ras hispanik, Afrika, dan Asia memiliki kecenderungan lebih tinggi memiliki penyakit Diabetes type 2, sedang faktor lingkungannya yaitu makanan yang dikonsumsi dan aktifitas yang dilakukan sehari-harinya.

Dibawah ini merupakan faktor risiko Mayor seseorang untuk menderita penyakit Diabetes type 2 :
  1. Genetika / Keturunan penderita Diabetes type 2.
  2. Hypertensi ( >140/90 mm Hg ).
  3. Dislipidemia : Kadar trigliserida ( Lemak ) di dalam darah yang cukup tinggi ( >150mg/dl ) atau kadar Kolesterol HDL >40mg/dl.
  4. Riwayat Toleransi Glukosa Terganggu ( TGT ) atau Glukosa Darah Puasa Terganggu ( GDPT ).
  5. Riwayat Diabetes Gestesional atau bisa juga riwayat melahirkan bayi dengan berat lebih dari 4.500 gram.
  6. Makanan tinggi kalori dan lemak.
  7. Gaya hidup yang tidak aktif.
  8. Kelebihan berat badan / Gemuk.
  9. Usia diatas 45 tahun rentan reskio terkena penyakti Diabetes type 2 ini.
  10. Riwayat menderita polycystic ovarian syndrome, yang mana terjadi juga resistensi insulin.

Diabetes Gestasional diakibatkan oleh perubahan hormonal yang terjadi selama kehamilan. Peningkatan kadar beberapa hormon yang dihasilkan plasenta membuat sel tubuh menjadi kurang responsif terhadap insulin ( Resistensi Insulin ). Karena plasenta berkembang terus selama kehamilan. Produksi hormonpun semakin berkembang dan semakin memperberat resistensi insulin yang terjadi.

Kebanyakan pankreas pada ibu yang sedang hamil menghasilkan insulin yang lebih banyak dari biasanya ( mencapai 3 X dari jumlah normal ) untuk mengatasi resistensi Insulin yang terjadi. Akan tetapi apabila jumlah insulin yang dihasilkan tetap saja tidak cukup, maka kadar glukosa dalam darah akan mengalami peningkatan dan terjadilah Diabetes Gestasional. Kebanyakan wanita yang menderita Diabetes Gestasional akan memiliki kadar gula darah normal setelah melahirkan bayinya. Akan tetapi merekapun memiliki resiko yang lebih tinggi untuk menderita Diabetes Gastasional pada saat berikutnya dan menderita Diabetes type 2 di kemudian hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar